DSC00931Akhir tahun pelajaran 2005/2006, merupakan awal kami ‘menahkodai’ kapal besar yang bernama SMA Negeri 3 Semarang menuju pantai harapan, yaitu menjadi sekolah bertaraf internasional.

Tahun-tahun pertama betapa berat cobaan yang kami alami, karena dalam kapal selalu membentuk ikatan yang kuat bila ada ‘angin besar’, ombak besar, dan badai besar harus kita lalui bersama. Badai itulah yang menjadi kita saling menyelami arti kebersamaan, angin besar menjadikan kita saling mengeratkan pegangan tangan, dan angin besar menjadikan kita tidak pantang menyerah.

Pemahaman terus kita bangun, keyakinan terus kita upayakan, akhirnya dengan kesadaran tinggi, kami menentukan langkah bahwa dalam mengembangkan sekolah bertaraf internasional, kami tidak memakai Frenchais, tetapi lebih membangun di kaki sendiri, dan sepakat memberi tema ‘Membangun Sekolah Berakses Internasional, Tanpa Meninggalkan Kearifan Lokal’.

Dalam biduk kapal tidaklah terelakkan adanya silang pendapat, beda penafsiran, tetapi alhamdilillah tidak sampai beda tujuan. Untuk mengurangi perbedaan itu perlu membuat sistem yang solid yang dikometmeni semua yang ada dalam biduk kapal, untuk itu  kami mencoba berfikir mencari jalan keluar, saat itu yang terfikir adalah Sistem Manajemen Mutu berbasis ISO 9001.

Akhir tahun 2005, kami diberi kesempatan oleh direktorat pembinaan SMA, dibawah kapten Gunadi, kami diberi kesempatan untuk mendampingi Mendiknas melaksanakan MoU dengan pemerintah Malaysia, kami diberi kesempatan melihat sekolah-sekolah Unggul (Bestari) di Malaysia.

Sepulang dari Malaysia kami semakin mantap bahwa pengelolaan sekolah yang baik akan menghasilkan proses yang baik, diharapkan mutu lulusan semakin baik. Tahun 2006 kami mencoba mengimplementasi konsep dasar Sistem Manajemen Mutu berbasis ISO dengan kesadaran dan kemandirian, dengan harapan, bila semua dibuat bersama akan memberi pemahaman bersama, pada akhirnya akan membuat komitmen bersama, dan akhirnya bisa maju bersama.

Benturan-demi benturan ternyata menyebabkan lambatnya upaya membangun sistem di SMA 3. Dengan kesadaran penuh semua berkesimpulan bahwa membangu sistem itu butuh waktu dan pengorbanan yang tinggi. Tahun 2007, kami mencoba sepakat untuk mencoba memakai jasa konsultan dalam membangun sistem manajemn mutu.

Tanggal 15 sampai 27 November 2007,  kami mendapat ‘International Training Course on Leadership Development’ di Singapura. Sambil menyelam minum air, di sela kesempatan training kami mempererat sister school yang dipartnerkan oleh direktorat pembinaan SMA dengan Northland Secondary School di Singapura.

Tambahan ilmu tidak di sia-siakan, seberapa besar yang kami peroleh, berupaya untuk mengimplementasikan. Pola pengelolaan makin mengarah pada penyempurnaan sistem, karena visi, misi, nilai inti, stategi, strategi map, balance scorecard, prosedur, berhasil kita tetapka dalam satu kesatuan manual mutu, semakin mantaplah bahwa sistem akan berhasil menjadi pemererat menuju tujuan yang disepakati bersama.

Tanggal 25 Februari – 1 Maret 2008, dengan prakarsa dinas provinsi Jawa Tengah, kami diberi kesempatan untuk mengikuti kunjungan tim Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah utusan gubernur untuk menyerahkan seperangkat gamelan ke pemerintah Queensland sebagai sister province, kami manfaatkan utnuk lebih mempererat  sister school (Ferny Grove SHS) di Queensland.

Juli 2008, Kami diberi kesempatan oleh PMPTK kerja sama dengan British Council, untuk mengikuti TOT Leadeship di Glouchestershire Inggris selama dua minggu. Dengan perjalanan waktu, biduk kapal sudah mulai ada sistem yang mantap, dan dari hasil perjalanan panjang itulah, akhirnya dilakukan reformasi pembelajaran menuju pembelajaran menyenangkan Joyful Learning. Hasil reformasi pembelajaran secara administrasi dapat dilihat di web SMA 3, pada menu Produk TRRC, secara faktual dapat dilihat pada proses pembelajaran.

Juli 2009, kami diberi kesempatan oleh Sponsor untuk menjelajah ASEAN (Malaysia, Thailand, dan Singapura) dalam rangka studi lapangan lanjutan dari seminar ASEAN.

Kematangan berfikir yang sekian panjang itulah, akhirnya menuai hasil seperti yang diharapkan. Sepenuhnya dapat dilihat profil SMA negeri 3 Semarang, melalui web dengan alamat http://www.sman3-smg.sch.id.

Semoga perjalanan ini mampu membawa kejayaan almamater tercinta, SMA Negeri 3 Semarang

Soedjono

Advertisements